Putusan Kasasi, Eks Pegawai Bank NTT Dibui 4 Tahun

Putusan Kasasi, Eks Pegawai Bank NTT Dibui 4 Tahun

Kupang, penatimor.com – Terdakwa Tri Johanes, mantan pegawai pada Kantor Cabang Utama (KCU) Bank NTT akhirnya dijatuhi hukuman 4 tahun penjara terkait perkara korupsi kredit fiktif pada KCU Bank NTT.

Penuntut Umum Kejari Kota Kupang telah menerima petikan putusan Kasasi dari Mahkamah Agung RI atas nama terdakwa Tri Agus Putra Johanes selaku pegawai penyelamatan kredit pada Bank NTT KCU Kupang.

Hal ini dikatakan Handrik Tiip, selaku Jaksa Penutut Umum (JPU) Kejari Kota Kupang saaat dikonfirmasi wartawan, Kamis (11/3/2021) petang.

Lanjut Hendrik, Penuntut Umum telah menerima petikan putusan Kasasi dari Mahkamah Agung RI atas nama terdakwa Tri Agus Putra Johanes selaku pegawai penyelamatan kredit pada Bank NTT KCU Kupang.

Untuk sidang Kasasi pada Mahkamah Agung RI dipimpin Dr. H. Suhadi, S.H.,M.H., selaku Ketua Majelis Hakim didampingi anggota Prof. Dr. Krisna Harahap, S.H., M.H., dan Prof. Dr. Abdulatif.S.H., M.Hum.

Amar putusannya menyatakan menolak permohonan kasasi dari pemohon Kasasi Tri Agus Putra Johanes.

Selanjutnya, memperbaiki putusan Pengadilan Tipikor pada pengadilan Tinggi Kupang mengenai lamanya pidana sehingga menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana  penjara selama 4 tahun dan denda sebesar Rp 200 juta subsidair 6 bulan kurungan.

Diktum putusan Kasasi juga menjatuhkan pidana tambahan uang pengganti sebesar Rp 15.000.000, dan apabila dalam waktu 1 bulan setelah putusan berkekuatan hukum tetap tidak dibayar maka harta bendanya dirampas oleh jaksa dan dilelang guna menutupi uang pengganti tersebut dan apabila terpidana tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan dan membebankan biaya perkara kepada terdakwa pada tingkat Kasasi sebesar Rp 2.500

“Terhadap putusan Kasasi tersebut, selaku Penuntut Umum kami segera melaksanakan eksekusi atas putusan dimaksud setelah mendapat perintah eksekusi dari pimpinan. Harapannya agar terdakwa Tri Agus Putra Johanes koperatif untuk melaksanakan putusan Kasasi. (wil)