Robert Lambila jadi Kajari TTU

  • Bagikan
Robert Lambila jadi Kajari TTU

Kupang, penatimor.com – Gerbong mutasi di korps Kejaksaan RI kembali bergerak.

Di lingkup Kejati NTT dan jajaran Kejari, juga terjadi pergantian pejabat pada level Kajari dan Koordinator.

Informasi yang dihimpun di lingkup Kejati NTT, Koordinator Bidang Pidsus Roberth Jimmy Lambila, SH.,MH., dipromosi menjabat Kajari Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Robert Jimmy Lambila merupakan jaksa berprestasi yang terkenal dalam mengungkap dan menangani banyak sekali kasus korupsi besar di NTT.

Kepiawaiannya dalam menangani perkara korupsi membuatnya pernah dinobatkan sebagai jaksa terbaik tingkat nasional pada tahun 2016.

Andil besar Robert juga membuat Kejati NTT meraih peringkat dua dalam penanganan perkara korupsi tingkat nasional pada tahun 2016, 2017 dan 2020.

Sebelum menjabat Jaksa Koordinator, Robert pernah menjabat Kasi Penuntutan, Kasi Penyidikan di Bidang Pidana Khusus Kejati NTT.

Jauh sebelumnya, Robert juga menjabat Kasi Penkum di Kejati Maluku Utara, Kajari Seba di Kabupaten Sabu Raijua, dan Kasi Pidsus di Kejari Kabupaten Ngada di Bajawa.

Robert pernah terlibat langsung bahkan menjadi ketua tim penyidik Kejati NTT dan menangani sejumlah perkara korupsi kelas kakap.

Perkara korupsi yang pernah ditangani Robert yaitu perkara korupsi dan tindak pidana pencucian uang di Politeknik Negeri Kupang.

Robert juga terlibat menangani perkara dugaan korupsi proyek pembanguan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Kabupaten Belu, TTU, TTS, Kabupaten Kupang, Flotim, dan Alor.

Tidak hanya itu, perkara korupsi yang ikut ditangani Robert adalah terkait proyek pembangunan dermaga oleh Kementerian PDT di Kabupaten Alor dan Flotim.

Selain itu, ada juga perkara korupsi penjualan barang rampasan negara yang merupakan aset PT Sagaret di Kabupaten Kupang dan Kota Kupang.

Termasuk perkara korupsi proyek tambak garam di Kabupaten Sabu Raijua dan perkara korupsi proyek peningkatan jalan nasional trans Flores.

Perkara terbaru yang ditangani adalah korupsi pengalihan aset tanah Pemkab Manggarai Barat di Labuan Bajo, termasuk perkara korupsi pemberian fasilitas kredit di Bank NTT Surabaya dan korupsi proyek NTT Fair.

Dari perkara-perkara korupsi yang berhasil diungkap dan ditangani hingga tuntas tersebut telah berhasil menyelamatkan dan memulihkan keuangan negara hingga triliunan rupiah.

Robert yang dikonfirmasi wartawan, mengaku berterima kasih atas kepercayaan pimpinan tertinggi Kejaksaan RI yang menugaskannya sebagai Kajari TTU.

“Terima kasih atas kepercayaan pimpinan. Saya siap menjalankan tugas yang dipercayakan pimpinan dengan penuh tanggung jawab,” singkat Robert.

Terpisah, Kasi Penkum Kejati NTT, Abdul Hakim, SH., yang dikonfirmasi, membenarkan.

“Ya, benar. Pak Roberth Lambila dipromosi dari Koordinator menjadi Kajari TTU. Ada beberapa Kajari dan Koordinator di NTT juga yang pindah,” singkat Abdul Hakim. (wil)

  • Bagikan