Bupati Terpilih Sabu Raijua Miliki Paspor Amerika, Ini Alasannya

  • Bagikan
Bupati Terpilih Sabu Raijua Miliki Paspor Amerika, Ini Alasannya

Jakarta, penatimor.com – Kasus kewarganegaraan ganda bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient Patriot Riwu Kore, menuai polemik.

Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh mengaku telah meminta keterangan kepada Orient Riwu Kore pada Rabu 3 Februari 2021.

“Saya menelepon Pak Orient dan menanyakan apakah betul bapak memiliki paspor Amerika Serikat? Beliau menjawab betul,” kata Zudan menirukan pembicaraannya dengan Orient.

Zudan melanjutkan, Orient juga tak menampik bahwa dirinya memiliki paspor Indonesia. “Sejak 1 April 2019, beliau (Orient) juga mengakui memiliki paspor Indonesia,” sambung Zudan.

Menurut Zudan, Orient memiliki paspor Amerika Serikat lantaran untuk kebutuhan pekerjaan. Dengan kata lain, perusahaan di Amerika meminta Orient untuk memiliki paspor Amerika sebagai syarat bekerja.

“Pak Orient diberi paspor oleh Amerika karena bekerja di sebuah unit Negara Amerika, di mana untuk bisa bekerja di sana harus memiliki paspor Amerika. Itu keterangan yang saya peroleh dari Pak Orient Riwu Kora,” terang Zudan. (*/eti)

  • Bagikan