Seleksi SIPSS-SIP, Kapolda NTT: Harus Bersih dan Transparan

  • Bagikan
Seleksi SIPSS-SIP, Kapolda NTT: Harus Bersih dan Transparan

Kupang, penatimor.com – Polda NTT menggelar acara pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas penerimaan siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) dan seleksi Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan Ke-50 Tahun Anggaran 2021 Panda Polda NTT.

Kegiatan ini untuk menciptakan proses seleksi yang bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif.

Penandatanganan dan pengambilan sumpah dilaksanakan secara daring di Ruang Rapat Utama Mapolda NTT, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Senin (25/1/2021) pagi.

Penandatanganan Pakta Integritas dipimpin langsung oleh Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., yang didampingi oleh Karo SDM Polda NTT Kombes Pol. Wisnu Widarto S.I.K., dan Kabidpropam Polda NTT Kombes Pol. Agus Suryanto, S.H.

Serta dihadiri Panita Penyelenggara Seleksi Panda Polda NTT, perwakilan peserta yang mengikuti seleksi dan orang tua wali.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, dalam sambutannya mengatakan, pada tahun 2021, Polri kembali membuka penerimaan anggota Polri yang dimulai dari penerimaan siswa SIPSS.

Dimana sesuai dengan namanya calon perwira Polri ini bersumber dari sarjana-sarjana yang kompetensinya diperlukan oleh institusi Polri untuk mendukung pelaksanaan tugas kepolisian.

Diantaranya, Kedokteran Umum dan Gigi, Psikologi, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional, Penerbang, Apoteker, Sastra Cina dan Perancis, Pendidikan Olahraga dan Kurikulum Perpajakan.

“Langkah ini menyiratkan bahwa tantangan tugas yang dihadapi Polri kedepan, akan semakin berat dan kompleks, dimana kondisi ini, tentu mensyaratkan adanya sumber daya manusia Polri yang unggul dan kompetitif,” ujar Kapolda NTT.

Oleh karena itu, rekrutmen kali ini akan menjadi kesempatan emas untuk mempersiapkan sumber daya manusia personel Polri yang unggul dan bermoral, sehingga dapat mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Dengan upaya yang telah dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, penerimaan tahun 2021 ini, dapat berjalan lebih baik dari penerimaan tahun sebelumnya.

Berbagai upaya yang telah dilakukan dalam mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya antara lain dengan menggelar program rekrutmen proaktif dan one day service test.

“Dimana hasil tes akan diumumkan pada hari yang sama serta dapat diakses melalui website, melibatkan pengawas eksternal dan pengawas internal, untuk menjamin mutu hasil rekrutmen,” imbuhnya.

Selain itu, digitalisasi dalam penilaian tes, dengan menggunakan teknologi informasi dan aplikasi komputer dan menjalin kerja sama dengan lintas sektoral seperti Diknas, Dukcapil, Dispora, IDI dan Himpsi Provinsi NTT serta seluruh elemen masyarakat.

Sementara itu, dalam seleksi SIP Angkatan ke-50 Tahun Anggaran 2021 sudah menerapkan proses penilaian 13 komponen yang terdiri dari penilaian kesehatan, jasmani dan rohani, SMK, psikologi, litcatpers dan akademik yang dilaksanakan secara berkala dan rutin setiap semester.

Dalam menjalankan penerimaan SIPSS dan seleksi SIP di Polda NTT, dengan menjunjung tinggi prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH).

“Wujudkan sinergitas dan soliditas dengan seluruh pemangku kepentingan, untuk mempersempit ruang gerak bagi terjadinya penyimpangan, yang pada akhirnya akan merugikan masyarakat dan mencoreng citra Polri serta berdayakan peran tim konseling,” tutup Kapolda. (wil)

  • Bagikan