Pilkada Aman, Kapolda NTT Beri Apresiasi, Imbau Warga Bijak Bermedsos

  • Bagikan
Pilkada Aman, Kapolda NTT Beri Apresiasi, Imbau Warga Bijak Bermedsos

Kupang, penatimor.com – Kapolda NTT Irjen Lotharia Latif mengapresiasi pelaksanaan Pilkada di 9 kabupaten yang berlangsung aman dan tertib sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Demikian disampaikan Kapolda kepada wartawan di lobi lantai 1 Mapolda, Kamis (10/12/2020) pagi tadi.

Menurut Kapolda, saat ini akan memasuki tahapan penghitungan suara dan pihaknya sudah mendapatkan gambaran tentang hasil perolehan suara.

“Kami juga sudah mendapatkan gambaran, dan terjadi perolehan hasil yang cukup ketat,” kata Kapolda.

Kapolda juga meminta media massa agar dalam pemberitaan dapat ikut menjaga situasi di wilayah hukum Polda NTT, khususnya 9 kabupaten yang ber-pilkada tetap kondusif.

“Yang berwenang menyatakan kemenangan adalah KPU. Saya membaca di beberapa media yang sudah menuliskan beberapa pasangan yang sudah menang, sebab itu bisa menjadi kontra produktif,” kata Kapolda.

“Sebaiknya mungkin disampaikan seperti data dan itu tidak masalah, atau data sementara. Jangan menyebut pasangan A atau B yang unggul, karena hal seperti ini yang akan dapat menimbulkan persoalan ketika hasil penghitungan KPU berbeda,” lanjut dia.

Kapolda berharap para pasangan calon yang sudah mengetahui hasilnya untuk dapat menahan diri dan tidak melakukan eforia, konvoi atau arak-arakan, karena bisa saja memicuh terjadinya konflik di lapangkan.

“Kita harapkan agar sama-sama bisa menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam masa pendemi Covid-19 saat ini,” imbuh Kapolda.

Masyarakat juga diimbau agar dapat menggunakan media sosial dengan bijak dan menghindari penggunaan medsos sebagai sarana melakukan ujaran kebencian dan provokasi.

“Kalau hal seperti dilakukan pasti kita akan tindak lanjuti dengan proses hukum,” tegas Kapolda. (wil)

  • Bagikan