UTAMA  

Wali Kota Kupang jadi Irup Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

Wali Kota Kupang jadi Irup Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

Kupang, penatimor.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) melaksanakan upacara Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-70 Tahun 2020, Senin (27/1/2020).

Kegiatan yang berlangsung di lapangan kantor Imigrasi Kelas 1 Kupang ini mengangkat tema, “SDM Unggul, Imigrasi Pasti Maju”.

Upacara ini diikuti Kakanwil Kemenkumham NTT beserta para pejabat utama, seluruh Kepala UPT dan ASN lingkup Kanwil Kemenkunham NTT.

Hadir pula Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Kajati NTT Patrhor Rahman, Dandim 1604 Kupang, Wakil Bupati Kupang Jery Manafe, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kupang, serta perwakilan dari Polda NTT dan Lantamal VII Kupang.

Wali Kota Kupang jadi Irup Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

Dalam amanat Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang dibacakan oleh Wali Kota Kupang Drs. Jefri Riwu Kore, disampaikan bahwa dalam fungsi pelayanan Imigrasi, Direktorat Jenderal Imigrasi berhasil membangun kerja sama yang baik untuk membuka titik-titik baru pelayanan Keimigrasian.

Titik baru pelayanan seperti Unit Kantor Imigrasi, Unit Layanan Paspor, dan Mall Pelayanan Publik.

Sampai dengan tahun 2019, terdapat 11 unit kantor Imigrasi, 20 unit pelayanan paspor, 5 mall pelayanan publik, dan 13 unit layanan terpadu satu pintu.

“Dalam fungsi penegakan hukum Keimigrasian, Direktorat Imigrasi tetap giat melaksanakan penegakan hukum di Bidang Imigrasi. Pada tahun 2019 imigrasi telah melaksanakan 7.155 tindakan administrasi Keimigrasian dan 155 penyidik atas pelanggaran terhadap regulasi Keimigrasian yang berlaku,” kata Menkumham.

Dalam fungsi keamanan negara, Direktorat Jenderal Imigrasi juga terus menerus melaksanakan tugas dalam hal pengawasan terhadap lalu lintas orang keluar dan masuk, serta kegiatan mereka selama berada di wilayah Indonesia.

“Target kinerja Imigrasi membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk mereliasasikan seluruh target kinerja yang telah diamanatkan. Saya menaruh harapan bahwa Direktorat Imigrasi dapat merealisasikan seluruh target kinerja dengan baik,” katanya.

Wali Kota Kupang jadi Irup Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

Harapannya bahwa Direktorat Jenderal Imigrasi dapat merealisasikan seluruh target kinerja dengan baik dan tetap dalam koridor pelaksanaan yang terukur.

Masyarakat juga menunggu gagasan-gagasan baru Direktorat Jenderal Imigrasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi.

Selain itu, masyarakat juga menaruh harapan besar kepada kita semua dalam mewujudkan Indonesia Maju.

“Di kesempatan yang berbahagia ini pula saya mengucapkan Selamat Hari Bhakti Imigrasi ke-70 bagi seluruh insan Imigrasi dimanapun bertugas,” kata Menkumham dalam sambutannya yang dibacakan Wali Kota Kupang Jefri Riwu Kore yang didaulat menjadi inspektur upacara.

Wali Kota Kupang jadi Irup Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Ke-70

Ditambahkan, Imigrasi membutuhkan sumber daya manusia yang unggul untuk mewujudkan Indonesia maju dan menjawab tantangan di masa mendatang.

“Jadilah penjaga pintu gerbang negara yang bermartabat dan berintegritas. Tetaplah menjadikan peraturan perundang-undangan sebagai koridor dalam seluruh pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian. Ingatlah bahwa kesuksesan merupakan keberhasilan atas pengembangan diri ke arah yang tepat,” tandas Wali kota Kupang. (wil)