UTAMA  

Albert Neno Resmi Pimpin Polres Malaka

Albert Neno Resmi Pimpin Polres Malaka

Kupang, penatimor.com – Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin memimpin upacara serah terima jabatan Karolog Polda NTT, Kapolres Kupang, Kapolres Manggarai Barat dan pelantikan Pejabat Sementara (PS) Kapolres Sumba Barat Daya, Kapolres Nagekeo, Kapolres Manggarai Timur, Kapolres Malaka dan Kapolres Sabu Raijua yang digelar di lapangan utama Mapolda NTT, Rabu (18/12/2019) pagi.

Hadir dalam upacara ini, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Forkopimda NTT, Bupati Malaka, Bupati Sabu Raijua, Bupati Sumba Barat Daya, Bupati Nagekeo, Bupati Manggarai Timur, Ketua DPRD Malaka, Ketua DPRD Sabu Raijua, Ketua DPRD Sumba Barat Daya, Ketua DPRD Nagekeo, Ketua DPRD Manggarai Timur, Irwasda Polda NTT, para Pejabat Utama Polda NTT, Para Kapolres Jajaran Polda NTT, Ketua Bhayangkari Daerah NTT beserta Pengurus.

Dalam amanatnya, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Hamidin  menyampaikan bahwa, pada dasarnya proses mutasi jabatan, merupakan hal yang biasa dilakukan dalam organisasi Polri, untuk menjaga dinamika operasional, dan penyegaran proses manajerial organisasi.

Albert Neno Resmi Pimpin Polres Malaka

“Sehingga diharapkan dengan adanya mutasi jabatan, maka kontinuitas terhadap pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan, akan dapat berjalan secara efektif dan efisien,” ucap Kapolda.

“Dengan demikian dapat mewujudkan peningkatan kualitas kinerja kesatuan sesuai dengan out put, dalam menyikapi berbagai kebijakan pimpinan baik dalam bidang pembinaan maupun operasional,” tambahnya.

Dikatakannya, hal ini dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi dalam mengukir prestasi pada setiap penugasan, yang berorientasi kepada kepentingan tugas, serta memenuhi tuntutan perkembangan dinamika dan harapan masyarakat.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa di masa mendatang Polri dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin besar dan kompleks. maka diperlukan langkah-langkah serta penanganan yang cepat dan tepat dalam pengelolaan dan pemeliharaan kamtibmas. Hal ini tentunya membutuhkan dukungan serta legitimasi sosial yang mengedepankan komitmen polri dengan masyarakat penanggulangan setiap masalah sosial,” katanya.

Lanjutnya, Biro logistik bertugas membina dan menyelenggarakan manajemen sarana prasarana yang meliputi perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengembangan sistem, kerjasama pengadaan, penyelenggaraan informasi serta , manajemen sarana prasarana lainnya. Dengan demikian jabatan kepala biro logistik merupakan posisi yang sangat strategis, guna mendukung operasional pelaksanaan tugas tingkat Polda NTT.

Kapolres merupakan pimpinan polres yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada kapolda, yang bertugas memimpin, membina mengawasi dan mengendalikan satuan-satuan organisasi di lingkungan polres dan unsur pelaksana kewilayahan dalam jajarannya, serta memberikan saran pertimbangan dan melaksanakan tugas lain sesuai perintah kapolda. Dengan tugas pokok, peran dan fungsi tersebut di atas, maka kapolres merupakan jabatan yang memiliki peran penting, karena selain sebagai pimpinan kesatuan di tingkat wilayah, juga sebagai pimpinan kesatuan operasional dasar (K.O.D), yang di dalamnya terdapat satuan dan unit kerja yang lengkap.

“Dengan demikan seorang kapolres harus mampu memimpin kesatuan dengan baik, dalam menggerakan dinamika organisasi berdasarkan pengalaman manejerial yang telah saudara miliki, mampu mengidentifikasi setiap permasalahan internal pada kesatuan yang dipimpinnya serta memahami berbagai macam permasalahan yang terjadi di masyarakat, baik masalah sosial kemasyarakatan maupun masalah yang berkaitan dengan kamtibmas”, harap Kapolda NTT

“Oleh karena itu, seorang kapolres harus memiliki kepekaan sosial serta memahami berbagai permasalahan di masyarakat, sehingga dapat menjabarkan grand strategi Polri, renstra, dan merumuskan rencana kerja serta memiliki inovasi-inovasi yang positif dalam memajukan kesatuannya.
Pada kesempatan ini, secara khusus saya mengajak seluruh unsur Forkopimda Kabupaten turut mendukung pengembangan polres pemekaran yang baru dalam rangka memperkuat harkamtibmas di wilayah dan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat”, lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Kapolda NTT menyampaikan ucapan terimakasih atas dedikasi dan kinerja selama bertugas di Polda NTT kepada para pejabat baru serta ucapan selamat atas promosi jabatan dan selamat datang di Polda NTT kepada para pejabat baru.

Lebih khusus Kapolda memberikan ucapan selamat dan pesan kepada pejabat sementara Lima Polres Baru yang baru dilantik untuk segera menyesuaikan diri di lingkungan dan tempat tugas yang baru.

“Selanjutnya kepada pejabat sementara Kapolres Malaka AKBP Albert Neno, S.H., Kapolres Nagekeo AKBP Agustinus Hendrik Fai, S.H., M.H., Kapolres Manggarai Timur AKBP Nugroho Arie Siswanto, S.H., kapolres sabu raijua Akbp Jakob Seubelan, S.H., Kapolres Sumba Barat Daya AKBP Joseph Febriano Hartono Mandagi, SIK. Saya juga mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dalam promosi jabatan baru saudara sebagai pejabat sementara kapolres, segera menyesuaikan diri di lingkungan dan tempat tugas yang baru serta kuasai situasi dan kondisi yang ada, jalin sinergitas antar lembaga baik pemerintah daerah, tni, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat serta seluruh elemen masyarakat”, pungkasnya.

Upacara diawali dengan pembacaan surat Keputusan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis tentang pemberhentian dan pengangkatan pejabat Polri di Lingkup Polda NTT serta penunjukkan pejabat sementara Kapolres.

Serah terima jabatan dan pelantikan ditandai dengan pelepasan tanda jabatan dan penyerahan tingkat komando dari pejabat lama ke Kapolda dan penyematan tanda pangkat dan pemberian tongkat komando ke pejabat baru. Dalam upacara dilaksanakan penandatangan berita acara para pejabat dan Kapolda.

Adapun para pejabat yang diserahterimakan jabatannya berdasarkan Surat Keputusan Kapolri  Nomor : KEP/2323/XII, Kep/2325/XII,Kep/2327/XII dan Kep/2328/XII tanggal 5 Desember 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri antaralain, jabatan Karolog Polda NTT diserahterimakan dari pejabat lama Kombes Pol Drs. Yadi Prariyadi S.H kepada pejabat baru Kombes Pol Yayat Jatnika. Kombes Yadi akan menepati jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Dokpol Pusdokkes Polri.

Jabatan Kapolres Kupang diserahterimakan dari AKBP Indera Gunawan S.I.K kepada AKBP Aldinan RJH Manurung S.H., S.I.K., M.Si yang sebelumnya menjabat analisis kebijakan muda Bagjatinter Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri. AKBP Indra Gunawan diangkat menjadi Kabag GBP Goreng Polda Metro Jaya.

Jabatan Kapolres Manggarai Barat diserahterimakan dari AKBP Julisa Kusumawardono, S.I.K., M.Si yang akan menempati jabatan baru sebagai Wadir Polairud Polda Kalteng kepada AKBP Handoyo S.I.K yang sebelumnya menjabat komandan KP Yudistira- 8003 Korpolairud Barhakam Mabes Polri.

Sementara itu, Pejabat Kapolres yang dilantik adalah AKBP Albertus Neno sebagau Ps Kapolres Malaka, AKBP Nugroho Arie Suswanto SH sebagai Ps Kapolres Manggarai Timur, AKBP Agustinus Hendrik Fai SH sebagai Ps Kapolres Nagekeo, AKBP Jakob Seubelan sebagai Ps Kapolres Sabu Raijua dan AKBP Joseph M Mandagi sebagai Ps Kapolres Sumba Barat Daya (SBD). (tribratanewsntt.com/wil)