Sambut Kepulangan Gubernur VBL, Warga Kupang Siapkan Penjemputan di Bandara

  • Bagikan
Sambut Kepulangan Gubernur VBL, Warga Kupang Siapkan Penjemputan di Bandara

Kupang, penatimor.com – Di tengah kasak-kusuk mengenai masuknya Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dalam Kabinet Kerja Jilid II, sejumlah warga Kota Kupang dan simpatisan mempersiapkan penjemputan terhadap orang nomor satu di Pemprov NTT itu.

Persiapan penyambutan terhadap Gubernur VBL itu dilakukan lantaran politikus NasDem berkepala plontos itu disebut-sebut menolak permintaan Presiden Jokowi untuk masuk dalam Kabinet Kerja.

Padahal, VBL digadang-gadang berpotensi menduduki jabatan Menteri Koperasi dan UKM, serta Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Sumber media ini menyebutkan, VBL menolak menjadi menteri kabinet Jokowi-Maruf, karena ingin kembali melanjutkan tugasnya sebagai gubernur.

“Pak gubernur hari ini jam 14.00 baru dari Jakarta dan akan landing jam 17.50. Beliau menolak tawaran jadi menteri,” sebut sumber ini.

Massa simpatisan dan masyarakat NTT yang menolak Gubernur VBL menjadi menteri juga berencana berkumpul di kantor DPW NasDem Provinsi NTT dan selanjutnya akan melakukan konvoi ke Bandara El Tari Kupang untuk menjemput mantan Ketua Fraksi NasDem di DPR RI itu.

Sekadar tahu, Presiden Joko Widodo alias Jokowi sudah dua kali menghubungi Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Laiskodat, untuk siap menjadi salah seorang menteri dalam kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hal tersebut diketahui dari Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT Marius Jelamu.

“Bapak Presiden dua kali menyampaikan secara langsung kepada Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat untuk siap menduduki salah satu jabatan menteri pada kabinet mendatang,” kata Marius, di Kupang, Jumat (18/10).

Marius mengungkap itu lantaran kabar Viktor bakal menjadi salah satu menteri, makin kencang beredar di wilayahnya.

Dia mengatakan, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Labuan Bajo pada Juli 2019 telah menyampaikan langsung kepada Viktor untuk siap menjadi menteri.

Jokowi juga menyampaikan hal serupa ketika kunjungan ke Kabupaten Kupang bersama Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh Agustus 2019 lalu.

“Presiden tentu melihat bahwa Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memiliki kapasitas untuk menjadi menteri pada kabinet Jokowi-Ma’aruf Amin. Kami belum tahu jabatan menteri apa yang akan ditempati Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat,” kata Marius.

Dia mengatakan, menjadi kebanggaan bagi masyarakat NTT apabila Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat menduduki salah satu jabatan menteri. “Rakyat NTT tentu bangga karena salah seorang putra terbaik daerah ini terpilih sebagai menteri,” tegas Marius Jelamu.

Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat kata Marius Jelamu masih menginginkan untuk tetap menjadi gubernur karena ingin NTT berkembang pesat, tetapi tidak bisa menolak apabila Presiden Jokowi memintanya untuk menjadi salah seorang menteri pada kabinet mendatang. (wil)

  • Bagikan