UTAMA  

Polisi dan PNS Polri di Kupang Sumbang Ratusan Kantong Darah

Polisi dan PNS Polri di Kupang Sumbang Ratusan Kantong Darah

Kupang, penatimor.com – Anggota polisi dan PNS Polri lingkup Polda NTT menggelar bakti kesehatan, Selasa (15/10/2019) dipusatkan di rumah sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Dalam kegiatan tersebut, anggota polisi dan PNS menyumbang 200 kantong darah berbagai golongan.

Dalam bakti kesehatan yang digelar dalam rangka HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri) ke 48 tahun 2019 ini, juga dilayani khitanan massal bagi 50 orang anak dan dewasa serta pemeriksaan IVA gratis bagi anggota Polwan, PNS perempuan dan anggota Bhayangkari.

Kegiatan ini merupakan kerja sama Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) Polda NTT dan Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Ketua panitia pelaksana, dr Rosita Rosmiati, SpKG mengemukakan kalau HUT Korpri tahun ini dilaksanakan secara sederhana namun khikmat melalui berbagai kegiatan seperti ziarah, pelayanan kesehatan, pembinaan rohani, aneka lomba dan olahraga bersama.

Polisi dan PNS Polri di Kupang Sumbang Ratusan Kantong Darah

Sementara Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda NTT, Kombes Pol Trio Santoso menilai kegiatan bakti kesehatan dalam rangka HUT Korpri merupakan sumbangsih PNS dan anggota Polri Polda NTT untuk kepedulian sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

“(Bakti sosial) hal positif yang bisa bermanfaat bagi orang lain dan juga untuk menjaga kesehatan,” ujarnya.
Kegiatan ini pun menjadi acuan bagi anggota Korpri untuk mengembangkan diri dalam menjalankan tugas dan peran.
Polda NTT sendiri berlaku adil dan bangga karena salah satu pejabat utama Polda NTT adalah PNS yang menunjukkan bahwa semua pihak memiliki peluang yang sama untuk menduduki jabatan dan diberi peran menjadi pemimpin.

“Ini merupakan bagian kecil yang kita lakukan bagi masyarakat dan masyarakat dapat terbantu,” tandas Karo SDM polda NTT.

Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono di sela-sela aksi donor darah mengakui kalau kegiatan tersebut merupakan calling sistem untuk membangun kepercayaan masyarakat.

“Salah satu nya dibidang kesehatan melalui bakti kesehatan dalam rangka menyehatkan masyarakat,” tandasnya.
Kegiatan sosial ini juga merupakan upaya dan langkah Polri mendekatkan diri dengan masyarakat dan hingga saat ini sudah tercatat 1.500 orang warga masyarakat terlayani sejak beberapa pekan lalu hingga saat ini.

“Kami juga mendatangi komunitas tuna daksa dan diberikan pelayanan kesehatan gratis termasuk pelayanan kesehatan umum, UKGS dan pelayanan obat saat car free day,” tambah Kabid Dokkes Polda NTT.

Polisi dan PNS Polri di Kupang Sumbang Ratusan Kantong Darah

Kegiatan pelayanan ini juga menjalankan program Kapolri dan program Kapolda NTT menjadikan Polri sebagai institusi yang dipercaya masyarakat.

Ratusan pendonor darah dari kalangan PNS dan anggota Polri yang mengikuti donor darah terlebih dahulu menjalani pemeriksaan tekanan darah dan kemudian menyumbangkan darah nya.
Aksi donor darah juga diikuti Karo SDM polda NTT dan Ny Trio Santoso serta beberapa pejabat Polda NTT.

Darah berbagai golongan yang terhimpun selanjutnya diambil PMI kota Kupang untuk pelayanan kemanusiaan lebih lanjut.

Sementara itu, puluhan anak dan orang dewasa terlayani khitanan massal di ruang IGD rumah sakit Bhayangkara Kupang.

Para peserta khitanan massal juga diberikan obat gratis dan pelayanan kesehatan lanjutan pasca khitanan.
Ruangan pemeriksaan IVA gratis pun dipenuhi Polwan, PNS perempuan dan anggota Bhayangkari. Mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan guna mencegah kanker serviks (kanker mulut rahim).

Siska A (39), seorang peserta pemeriksaan IVA mengaku terbantu dengan pelayanan tersebut karena dilakukan secara gratis dan juga sebagai langkah antisipasi karena saat ini banyak kaum perempuan yang menderita kanker serviks karena lalai memeriksaan kan kesehatan sejak awal. (mel)