Polda NTT Gelar Bakti Kesehatan di CFD Kupang

  • Bagikan
Polda NTT Gelar Bakti Kesehatan di CFD Kupang

Kupang, penatimor.com – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Polda NTT) dikoordinir Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Bid Dokkes) dan Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang menggelar bakti kesehatan.

Bakti kesehatan yang dipimpin Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono juga didukung asuransi PT Jasa Raharja.

Kegiatan ini bertempat di arena Car Free Day (CFD) Jalan El Tari, Kelurahan Oebobo, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Sabtu (12/10).

Kegiatan bakti kesehatan digelar dalam rangka cipta kondisi menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Sekalian juga digelar dalam rangka HUT kr-48 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) tahun 2019.

Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono kepada wartawan, mengatakan, bakti kesehatan untuk cipta kondisi dan sebagai realisasi program unggulan Kapolri Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter).

Salah satu aspek dari program Kapolri adalah terpercaya sehingga bakti kesehatan digelar untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Polri.

Bakti kesehatan di arena CFD pada setiap Sabtu merupakan rangkaian kegiatan bakti kesehatan yang digelar secara serentak 15 Oktober 2019 mendatang.

“Ini menunjukkan bahwa kedekatan Polri dengan masyarakat,” ujar Kabid Dokkes Polda NTT.

Ia juga berharap dengan kegiatan yang digelar maka masyarakat NTT menjadi sehat dan program Kapolri serta Kapolda NTT untuk menjadikan Polri dipercaya masyarakat berjalan dengan baik.

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh Bid Dokkes Polda NTT mencakup pemeriksaan kesehatan umum seperti pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan persen lemak tubuh (PLT) dan pelayanan obat gratis.

Di sisi lain, kerja sama dengan PT Jasa Raharja digelar pemeriksaan kolesterol, asam urat dan gula darah gratis.

Sementara itu hadir pula puluhan siswa SD Katolik St Yoseph Naikoten II Kupang mengikuti kegiatan Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Dalam acara tersebut, drg Rosita dari Bid Dokkes Polda NTT mengajari siswa cara membersihkan mulut dan menyikat gigi yang baik dan benar.

Siswa diajari pola hidup sehat melalui kesehatan gigi dan diminta rutin membersihkan gigi serta selalu memeriksakan kesehatan gigi.

Bakti sosial kesehatan yang mengusung tema, “Melalui Dokkes Polri yang Promoter, kita laksanakan bakti sosial kesehatan serentak di seluruh wilayah guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat”.

Kegaiatan ini juga mendapat sambutan hangat masyarakat dan juga antusias masyarakat sangat tinggi.

Di semua meja pemeriksaan, warga masyarakat antre mengikuti pelayanan kesehatan dan memanfaatkan kesempatan tersebut karena mendapat pelayanan obat gratis.

Selain pelayanan kesehatan, juga digelar senam zumba bersama dan hiburan lainnya.

Ance Tefa (50), salah satu warga masyarakat yang memanfaatkan layanan kesehatan gratis ini mengaku sangat terbantu untuk pengecekan gula darah dan kolesterol.

“Karena ada kolesterol maka saya diberi obat gratis dan ini sangat membantu,” tandasnya. (mel/wil)

  • Bagikan