Miliki Banyak Keunggulan, Warga Kota Kupang Antusias Urus Smart SIM di Satlantas

  • Bagikan
Miliki Banyak Keunggulan, Warga Kota Kupang Antusias Urus Smart SIM di Satlantas

Kupang, penatimor.com – Pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) bagi warga Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) makin dipermudah.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi, SIK MHum saat dikonfirmasi di kantornya, Selasa (22/10/2019) mengakui kalau material SIM yang lama dengan material smart SIM berbeda. “Smart SIM lebih tipis dan memiliki sejumlah keunggulan,” ujarnya.

Keunggulan utama smart SIM karena ada chips yang bisa menyimpan data forensik kepolisian dan data lalu lintas atau riwayat pelanggaran lalu lintas dan data kecelakaan lalu lintas.

“Jadi kalau pemilik smart SIM pernah membuat pelanggaran lalu lintas dan ditilang atau pernah terlibat kasus kecelakaan lalu lintas dan kasus pidana lain yang ditangani polisi maka langsung bisa terdeteksi,” tandas mantan Kasat Lantas Polres Manggarai ini.

Smart SIM pun bisa menjadi alat pembayaran secara online dan pemilik smart SIM bisa melakukan top up saldo hingga Rp 2 juta. Khusus untuk warga Kota Kupang bisa pula dilayani pengurusan Smart SIM melalui M-banking.

Usai pendaftaran melalui M-banking maka warga bisa langsung ke kantor Sat Lantas Polres Kupang Kota untuk menandatangani berkas dan di foto untuk kepentingan pencetakan SIM.

Sejauh ini animo masyarakat cukup tinggi sehingga loket pengurusan SIM selalu dipenuhi warga yang ingin mendapatkan SIM.

Juliana Sadhu (29), salah seorang warga yang mengurus SIM saat ditemui di kantor Sat Lantas Polres Kupang Kota mengaku kalau smart SIM yang diperoleh lebih simpel.

Fotonya pun tertera di 2 tempat pada smart SIM. Selain itu pengurusan SIM pun tidak memakan waktu lama karena sudah disediakan loket-loket termasuk loket pelayanan pembayaran oleh petugas BRI.

Ia berharap warga Kota Kupang memanfaatkan pelayanan tersebut karena pelayanan dilakukan secara cepat dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan smart SIM.

Kasat Lantas Polres Kupang Kota, Iptu Rocky Junasmi, SIK MHum juga bertekad selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Kota Kupang. (mel)

  • Bagikan