Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Lanal Pulau Rote Gelar Aneka Kegiatan

  • Bagikan
Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Lanal Pulau Rote Gelar Aneka Kegiatan

Ba’a, penatimor.com –Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Pulau Rote bekerja sama dengan Tim Staf Potensi Maritim (Spotmar) Markas Besar TNI Angkatan Laut Jakarta menggelar kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan yang digelar yaitu Pemantapan Wawasan Kebangsaan dan Rasa Cinta Tanah Air Masyarakat Pulau Rote Tahun 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah kerja Mako Lanal Pulau Rote, Sabtu (4/5).

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Lanal Pulau Rote Gelar Aneka Kegiatan

Danlanal Pulau Rote Letkol Laut (P) Akhmad Alif .S.Z, M.Tr.Hanla sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas), mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memantapkan cara pandang dan pemahaman kebangsaan bagi generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bertanah air.

Menurut dia, kegiatan tersebut dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa sehingga akan mengurangi potensi terjadinya konflik dan meredam berkembangnya paham–paham negatif pada masyarakat.

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Lanal Pulau Rote Gelar Aneka Kegiatan

“Kegiatan ini sangat penting bagi generasi muda di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi baru–baru ini sehingga diharapkan dapat melahirkan kader-kader generasi muda yang punya semangat dan jiwa cinta tanah air Indonesia, sehingga akan mencegah terjadinya perpecahan dan ancaman disintegrasi bangsa,” kata Danlantamal.

Rangkaian kegiatan tersebut di antaranya yakni lomba cerdas cermat tingkat SMP se-wilayah Kabupaten Rote Ndao, penyuluhan serta sosialisasi bahaya Narkotika oleh Tim dari BNN Kabupaten Rote Ndao kepada para pelajar SMP, dan penyerahan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu sebanyak 200 paket.

Serta pembagian bingkisan berupa buku tulis dan pin bendera Merah Putih kepada para pelajar sebanyak 2.000 buah.

Rangkaian kegiatan tersebut diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba cerdas cermat dan berhak mendapatkan uang pembinaan yakni sebagai Juara I diraih SMPN 3 Oelasin dengan hadiah uang tunai sebesar Rp. 1.250.000, Juara II diraih SMPN 4 Lindamanu dengan hadiah Rp 1.000.000, Juara III diraih SMPN 1 Batutua dan berhak atas hadiah uang tunai sebesar Rp 750.000, dan Juara IV diraih SMP Satap Deranitan dengan hadiah Rp 500.000.

Tingkatkan Rasa Cinta Tanah Air, Lanal Pulau Rote Gelar Aneka Kegiatan

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Tim Spotmar Mabesal Kolonel Laut ( E ) Halili, S.H., dan Letkol Laut (P) Hari Budiman, M.Tr.Hanla, Kadispotmar Lantamal VII Letkol laut (P) Dovian.

Turut hadir, Dandim 1627/Rote Ndao, Camat Rote Barat Daya, Kapolsek Batutua, Kepala sekolah SMP se-wilayah Rote Barat Daya, Pengurus Jalasenastri Cab. 4 Korcab VII , Pengurus Persit Candra Kirana 1627/Rote Ndao, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat serta para pelajar SMP se-Rote Barat Daya. (R3)

  • Bagikan