Pleno KPU Alor Sukses, Berlangsung Transparan, Demokratis dan Jurdil

  • Bagikan
Pleno KPU Alor Sukses, Berlangsung Transparan, Demokratis dan Jurdil

Kalabahi, penatimor.com – Pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 oleh KPU Kabupaten Alor telah berakhir pada Jumat (10/5) dini hari.

Suksesnya pelaksanaan pleno ini mendapat apresiasi dari tokoh agama, tokoh pemuda dan pimpinan partai politik di Alor.

Pastor Paroki Yesus Gembala yang Baik Kalabahi Romo Marcel Soge, mengatakan, pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 telah selesai dengan sukses, jujur, damai dan tertib sesuai harapan.

Pleno KPU Alor Sukses, Berlangsung Transparan, Demokratis dan Jurdil
Suasana rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat Kabupaten Alor pada Pemilu Serentak 2019, Jumat (10/5).

“Ini berkat kerja sama semua elemen masyarakat Alor. Semua caleg menerima hasil itu dengan gembira dan damai karena mereka sudah dewasa dan matang dalam berpolitik,” kata Romo Marcel.

“Mereka yang terpilih kita harus dukung karena mereka semua adalah wakil kita di legislatif. Mari kita saling bekerja sama membangun Nusa Kenari bersama dengan anggota dewan yang baru,” sambung dia.

Sementara, Ketua Cabang GMKI Kalabahi Donal I. Paut, mengapresiasi KPU Kabupaten Alor yang walau dengan komposisi dua orang perempuan, telah berhasil melaksanakan pleno rekapitulasi suara Pemilu hingga berakhir dengan aman, lancar, jurdil, transparan dan demokratis.

“Bagi saya mereka adalah perempuan hebat, meskipun baru dilantik beberapa bulan yang lalu namun kerja keras mereka telah mensukseskan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Alor sehingga berjalan dengan demokratis, aman, jujur dan adil,” kata Donal.

“Soal siapa yang menang, mereka harus lebih baik lagi dari anggota legislatif sebelumnya. Harus bisa menepati janji-janji sewaktu kampanye ketika masih menjadi calon-calon dari partai tertentu. Dan yang kalah, dapat menerima kekalahan dengan sikap legowo dan menerima hasil dengan bijak,” sambung dia.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Alor Enny Anggrek, mengatakan, pelaksanaan pleno berjalan dengan baik di KPUD Kabupaten Alor sejak tanggal 3 Mei hingga 10 Mei 2019 pukul 03.10 dini hari.

“Walaupun tak dapat dipungkiri ada dinamika tapi itulah proses politik. Dalam kompetisi Pilpres, Paslon 01 menang dengan prosentase 74,34 % sedangkan paslon 02 prosentase 25,66%,” kata Enny.

Yang menarik, lanjut dia, ada belasan TPS Paslon 01 memperoleh suara 100%.

Sementara dalam kompetisi Pileg untuk DPRD Kabupaten Alor berdasarkan pleno KPUD, ada pergeseran yaitu PDIP memimpin dengan perolehan suara 12.007 (4 Kursi), diikuti dengan Nasdem 11.739 suara (4 kursi) dan Golkar 10.186 suara (3 kursi).

“Untuk itu kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada TNI dan Polri, KPUD, Banwaslu, PPK, KPPS yang telah bekerja dan mengabdi dengan tulus hati demi kesuksesan Pemilu di Kabupaten Alor,” ungkap Enny Anggrek.

Sementara, Bupati Alor Amon Djobo mengucapkan terima kasih yang tulus kepada masyarakat Kabupaten Alor atas partisipasi masyarakat dan semua pihak terkait sehingga pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di negeri Seribu Moko itu berjalan dengan baik.

“Kita bersyukur dan mengapresiasi KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, serta dukungan dan partisipasi masyarakat, karena Pemilu berjalan dengan sangat transparan, jujur, adil, lancar dan demokratis,” ujar Bupati Alor dua periode itu.

Masih menurut Amon, pleno berlangsung dalam suasana persaudaraan hingga selesai dan semua pihak terkait menerima hasilnya dengan baik. (R4)

  • Bagikan