Jokowi Cek Kelayakan Calon Ibu Kota Negara di Kaltim

  • Bagikan
Jokowi Cek Kelayakan Calon Ibu Kota Negara di Kaltim

Kaltim, penatimor.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengunjungi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (7/5).

Salah satu wilayah di provinsi tersebut menjadi calon ibu kota negara pengganti DKI Jakarta.

Kaltim merupakan provinsi pertama yang dikunjungi presiden dalam melakukan peninjauan awal terkait kelayakan calon ibu kota.

Dalam kunjungan ini, Jokowi sedikit menjelajah kawasan Bukit Soeharto yang berlokasi di Kawasan Taman Hutan Raya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di sana, Presiden ketujuh RI tersebut mendapatkan paparan dari Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kaltim Zairin Zain.

“Memang ada beberapa lokasi yang sudah kira-kira 1,5 tahun ini dikaji yang salah satunya adalah di Kalimantan Timur yang kurang dan lebih kita datangi siang hari ini,” kata Jokowi kepada para jurnalis.

Mantan wali kota Solo itu juga menyampaikan bahwa Indonesia sebagai negara besar juga ingin memiliki pusat pemerintahan yang terpisah dengan pusat ekonomi, bisnis, perdagangan, dan jasa.

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Pulau Kalimantan, suami Iriana itu juga akan meninjau kelayakan calon ibu kota lainnya yang berada di Provinsi Kalimantan Tengah. (fat/jpnn/R4)

  • Bagikan