686 Casis PTU Ujian Akademik di 8 Sekolah

  • Bagikan
686 Casis PTU Ujian Akademik di 8 Sekolah

Kupang, penatimor.com – Sebanyak 686 orang calon siswa (Casis) Polisi Tugas Umum (PTU) yang lulus tes psikologi mulai mengikuti tes akademik.

Tes akademik dilakukan selama dua hari, Senin (13/5) hingga Selasa (14/5).

Pada hari pertama, Senin (13/5), peserta mengikuti ujian untuk mata ujian Bahasa Inggris.

Sementara pada hari kedua, Selasa (14/5) untuk dua mata ujian masing-masing Bahasa Indonesia dan Pengetahuan Umum.

Ujian akademik kali ini menggunakan sistem komputerisasi.

686 Casis PTU Ujian Akademik di 8 Sekolah

Lokasi ujian tersebar di delapan sekolah di Kota Kupang. Ujian hari pertama dimulai pukul 10.00.

Sebanyak 80 orang siswa mengikuti ujian di SMKN 1 Kupang di Kelurahan Oetete, 159 orang siswa di SMKN 2 Kupang Kelurahan Merdeka dan 54 orang calon siswa di SMPN 8 Kupang Kelurahan Kelapa Lima.

Sementara di SMA Katolik Giovanni Kupang Kelurahan Merdeka diikuti 80 orang peserta, SMKN 6 Kupang di Kelurahan Oesapa Barat 100 orang, SMAN 3 Kupang Kelurahan Oebufu 75 orang dan SMKN 3 Kupang di Kelurahan Kelapa Lima sebanyak 80 orang.

Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol Trio Santoso, SH., mengakui kalau penetapan delapan lokasi ujian ini karena kapasitas dan ketersediaan sarana prasarana penunjang.

“Kita pilih sekolah yang memiliki peralatan komputer yang memadai serta ditunjang fasilitas yang mampu menampung ratusan casis peserta,” tandasnya.

686 Casis PTU Ujian Akademik di 8 Sekolah

Pantauan di lokasi ujian, sebelum memasuki ruang ujian, para casis digeledah dan diperiksa. Casis hanya diperbolehkan membawa alat tulis dan kertas kosong.

Sementara tas dan perangkat elektronik maupun jam tangan ditinggalkan peserta di luar ruang ujian.

Di beberapa sekolah tempat pelaksanaan ujian, tes akademik casis PTU berbarengan dengan pelaksanaan ujian sekolah siswa SMA dan SMK yang ada.

Sebanyak 686 peserta yang mengikuti tes terdiri dari 584 orang pria dan 102 orang peserta wanita yang sebelumnya dinyatakan memenuhi syarat seleksi psikologi.

Sistem ujian menggunakan komputer. Para peserta pun langsung mengetahui nilai hasil ujian pasca pelaksanaan ujian pukul 12.30.

686 Casis PTU Ujian Akademik di 8 Sekolah

Akhir pekan lalu, atau selama dua hari, Jumat (10/5) hingga Sabtu (11/5), peserta penerimaan Akpol dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) mengikuti ujian yang sama dengan sistem komputerisasi di SMPN 8 Kupang.

Pelaksanaan tes ini dipantau langsung Karo SDM Polda NTT yang juga penanggungjawab seleksi penerimaan Polri Polda NTT TA 2019, Kombes Pol Trio Santoso, SH, kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP H.Y. Arief Satriyo, SIK., dan Ka SPN Polda NTT, Kombes Pol Nanang Putu Wardianto, SST MK selaku ketua tim ujian akademik penerimaan terpadu polisi TA 2019 tingkat Polda NTT.

I Kadek, salah seorang peserta seleksi mengaku kalau sistem ujian yang diterapkan panitia sangat membantu casis karena casis berkonsentrasi mengerjakan soal dan juga ditunjang fasilitas yang memadai.

“Sistem ujian ini sudah sangat bagus walaupun kami harus mencari lokasi ujian sejak pagi namun dengan sistem komputer maka kami lebih fokus pada soal ujian yang ada,” ujarnya.

Pelaksanaan ujian di seluruh lokasi ujian ini diawasi pengawas ekternal dari AJI Kota Kupang dan pengawas internal dari Bid Propam dan Itwasda Polda NTT.

Secara keseluruhan, pelaksanaan tes akademik hari pertama berlangsung aman dan lancar. (R3)

  • Bagikan