397 Casis Bintara PTU Gugur Seleksi Psikologi

  • Bagikan
397 Casis Bintara PTU Gugur Seleksi Psikologi

Kupang, penatimor.com – Tahapan seleksi psikologi untuk bintara Polisi Tugas Umum (PTU) Polda NTT TA. 2019 yang digelar selama dua hari, Senin (6/5/) hingga Selasa (7/5) telah berakhir.

Dalam proses pemeriksaan dan penilaian dengan sistem komputerisasi, ratusan peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat dan tidak bisa mengikuti seleksi tahap selanjutnya.

Seleksi tahapan psikologi diikuti 1.109 orang peserta masing-masing bintara Polki Polisi Tugas Umum (PTU) 943 orang, Bintara Polwan PTU 140 orang, Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) 23 orang dan tiga orang bintara Talent Scotting (TS).

Khusus PTU diikuti 1.083 orang. Dalam tahapan seleksi psikologi, peserta yang mendapatkan nilai di bawah 60 dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Dari hasil penilaian dan pemeriksaan tersebut, 397 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat terdiri dari 359 orang pria dan 38 orang wanita.

Tersisa 584 orang pria dan 102 orang peserta wanita yang dinyatakan memenuhi syarat dan akan mengikuti seleksi tahapan selanjutnya.
Sistem penilaian dan pemeriksaan pun dilakukan secara ketat dan transparan.

Sebelum lembaran jawaban komputer (LJK) peserta diperiksa, Bagian Psikologi Biro SDM Polda NTT mendatangkan petugas dari kampus Stikom Uyelindo Kupang untuk memeriksa seluruh perangkat elektronik yang akan dipakai memeriksa LJK peserta.

Petugas dari Stikom Uyelindo memastikan kalau laptop dan perangkat elektronik panitia steril dan layak dipakai.
Proses scaning dan pemeriksaan LJK peserta memakan waktu yang cukup lama untuk memastikan kerapian LJK peserta.

Pengumuman baru dilakukan pada petang hari. Panitia menayangkan perolehan nilai peserta pada layar dan peserta yang tidak memenuhi syarat menandatangani berkas yang sudah disiapkan panitia.

Kepada peserta yang tidak memenuhi syarat, Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT, AKBP H.Y. Arief Satriyo, SIK., selaku sekretaris panitia penerimaan tingkat Panda Polda NTT,meminta kepada peserta yang tidak memenuhi syarat untuk belajar lebih giat lagi sehingga bisa mengikuti seleksi tahun depan apabila masih memenuhi syarat batasan umur.

Mantan Kapolres Tana Toraja Polda Sulsel ini juga berpesan agar peserta yang tidak memenuhi syarat tetap menjaga diri dan kesehatan serta tidak berbuat aksi yang menyimpang.

“Sekali lagi saya ingatkan, apabila ada yang menghubungi atau menelepon casis atau orangtua kalian dengan mengatasnamakan panitia untuk meminta uang atau menjanjikan kelulusan maka jangan dipercayai. Abaikan jika ada yang seperti itu,” tegasnya.

Disampaikan pula bahwa panitia pun tidak bisa meluluskan peserta apalagi yang bukan panitia. “Yakin pada kemampuan kalian. Terus belajar dan berusaha,” tambahnya

Bagi 686 orang peserta yang memenuhi syarat dan lulus tes psikologi, panitia berpesan agar tetap menjaga diri, belajar dan menjaga kesehatan untuk menghadapi tahapan lebih lanjut yakni tes akademik, kesehatan II dan
PMK.

“Jaga diri kalian dan tetap belajar. Jangan berbangga diri dengan hasil yang ada karena tahapan masih panjang,” tegas Kabag Dalpers Biro SDM Polda NTT. (R3)

  • Bagikan